PENGALAMAN MASUK PTN: LOLOS JALUR SNBP 2024!

Hallo, Semua!!!

Postingan kali ini, Sobat Advokasi mau kenalin kalian ke cerita inspiratif PGSD MUDA SNBP 2024! 

- - -

Halo semuanya! Aku Iyan Maulana dari MAN 7 Tasikmalaya. Alhamdulillah, aku diterima di Universitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya, Program Studi PGSD tahun 2024 melalui jalur SNBP. Izinkan aku berbagi sedikit cerita tentang perjalanan ini, yang semoga bisa menginspirasi kalian.

Ketika aku kelas 10, aku melihat kakak-kakak kelas yang lolos ke perguruan tinggi negeri. Mereka sangat hebat dan aku sangat termotivasi oleh mereka. Namun, aku juga bertanya-tanya, "Bisa nggak ya aku masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur raport atau SNBP?" Untuk itu, aku sering bertanya kepada guru-guru, terutama guru BK, tentang bagaimana caranya agar bisa lolos SNBP.

Guru BK mengatakan bahwa aku harus mempersiapkan diri sejak kelas 10 dan memastikan nilai rapor naik terus dari semester 1 sampai semester 5. Mulai saat itu, aku belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Setiap semester, Alhamdulillah, nilai-nilaiku terus naik, dan aku selalu mendapatkan peringkat pertama di kelas. Motivasi ini sangat tinggi dan membuatku terus semangat belajar.

Saat masuk kelas 12, aku mulai mempersiapkan diri lebih serius. Aku berkonsultasi dengan guru BK mengenai kemampuan dan pemilihan jurusan. Awalnya, aku memilih PGSD dan Pendidikan Sejarah di Unsil. Namun, setelah berkonsultasi lagi, akhirnya aku memutuskan pilihan pertama PGSD di UPI Tasikmalaya dan kedua Akuntansi di Unsil.

Ketika pengumuman SNBP keluar, itu bertepatan dengan bulan Ramadan. Aku sangat gugup, bahkan guru-guru juga ikut deg-degan menunggu hasilnya. Orang-orang mulai mengirimkan bukti kelulusan di grup WA, sementara aku belum membuka hasilnya. Akhirnya, bersama teman-temanku, aku buka pengumuman tersebut. Alhamdulillah, hasilnya biru! Aku diterima di PGSD UPI Tasikmalaya, dan rasa bahagia itu luar biasa.

Namun, satu kekhawatiran muncul: bagaimana dengan biaya kuliah? Pengumuman KIP Kuliah belum keluar, jadi aku terus berdoa dan meminta doa dari orang tua serta guru-guru. Tak lama kemudian, pengumuman KIP Kuliah keluar, dan Alhamdulillah, aku juga diterima! Ini benar-benar rezeki yang sangat besar, dan aku sangat bersyukur kepada Allah yang Maha Segalanya.

Terima kasih kepada semua yang telah mendukungku: orang tua, guru-guru di MAN 7 Tasikmalaya, dan teman-teman. Jangan pernah berhenti bermimpi dan berusaha, karena Allah pasti memberikan jalan terbaik bagi kita. Keep spirit, guys! 

- - -

Nah, itu dia cerita inspiratif dari salah satu PGSD MUDA SNBP 2024!!! Semoga kalian bisa semakin semangat dalam mewujudkan cita-cita, ya!!

Sobat Advokasi: Salam melayani, mengayomi, sepenuh hati!



Posting Komentar